Home

Polling Pengunjung

Bagaiman Tampilan Situs Ini ?
 
Designed by:
PEMBINAAN SMA PANCARAN BERKAT PDF Cetak E-mail

TEMA : SUKSES

PENDAHULUAN

            Setiap orang pasti ingin mencapai, menerima, dan mengalami kesuksesan dalam hidupnya. Persoalan yang sering terjadi ialah bahwa sebahagian besar orang masih belum mengerti dengan benar perihal kesuksesan itu sendiri. Itu sebabnya perlu penjelasan perihal sukses itu sendiri, sehingga kesalahpengertian tentang sukses pun teratasi. Bila demikian, apa yang dimaksud dengan sukses?

 

 PENGERTIAN

            Secara sederhana sukses itu ialah keberhasilan, hasil yang baik, dan keberuntungan. Artinya, orang-orang yang menerima keberhasilan dalam hidupnya, mereka yang memperoleh hasil yang baik dari usahanya, dan mereka yang mengalami keberuntungan dalam hidupnya dapat disebutkan sebagai orang-orang yang sukses. Bila disimpulkan sukses berarti telah melakukan, menyelesaikan, mendapat, dan mencapai hal-hal yang berhubungan dengan maksud, hasil, dan tujuan dari setiap tindakan atau perbuatan yang dilakukan.

 ORANG-ORANG YANG AKAN SUKSES

            Setelah mengetahui pengertian sukses, maka perlu diberikan penjelasan juga tentang siapa orang-orang yang menerima atau mengalami kesuksesan tersebut. Apakah mereka yang terlahir sebagai orang kaya, maka mereka pun dapat disebut sebagai orang sukses? Ataukah mereka yang terlahir sebagai orang terkenal, orang besar, keturunan bangsawan, kaum ningrat, dan berdarah biru? Atau mereka yang terlahir dengan tingkat kecerdasan tinggi, IQ di atas rata-rata, genius, keturunan cendekiawan, dan orang-orang terpelajar? Ataukah orang-orang muda yang bersemangat dan sedang meniti karir dan orang tua yang telah mengecap pahit manisnya perjalanan hidup ini? Atau mereka berada atau terlibat dalam lingkaran keagamaan, di mana nilai-nilai dan kearifan keagamaan ada padanya dan diterapkan juga olehnya? Atau siapakah yang akan dapat menerima dan mengalami kesuksesan tersebut?

Berdasarkan definisi dari sukses dapatlah disebutkan bahwa kesuksesan itu merupakan bagian atau milik siapa saja (setiap orang) yang telah melakukan dan menyelesaikan sesuatu dalam hidupnya. Seperti seorang pelajar yang ingin mendapatkan nilai 85-90 dalam tiap bidang studi yang dipelajarinya, maka ia pun belajar dengan giat, tekun, rajin, dan bersemangat, sehingga hasil yang diperolehnya pun sesuai dengan keinginannya. Dengan demikian pelajar ini pun dapat disebutkan sebagai orang yang sukses, karena ia telah mendapatkan hal yang diinginkannya.

 TIPS MENDAPATKAN KESUKSESAN

            Untuk mencapai kesuksesan secara maksimal, seseorangh tidak hanya bergantung pada usaha atau tindakan semata. Melainkan masih ada hal-hal lain yang perlu dilakukan dan ditindaklanjuti agar kesuksesan yang maksimal pun tercapai. Berikut ini tips-tips untuk mencapai kesuksesan secara maksimal, yang mana tips-tips ini merupakan rangkuman dari tulisan pakar kepemimpinan, yaitu John C. Maxwell. Maxwell menyebutkan tips-tips untuk mencapai sukses secara maksimal berdasarkan akronim dari frasa “SUCCESS”.

            Pertama, S yang dimaksudkan oleh Maxwell ialah ‘specific’. Spesifik yang disebutkan oleh Maxwell menunjuk pada tindakan, hal-hal, perbuatan, kegiatan, maksud, dan tujuan yang jelas, tertentu, dan terarah. Artinya, seseorang harus memiliki kejelasan dalam melakukan segala sesuatu di dalam hidupnya. Ibarat seorang yang hendak bepergian tanpa tujuan yang jelas, maka orang ini pun akan mengambang dan sampai di tempat yang tidak diketahuinya.

            Kedua, Understanding. Seseorang harus memiliki pengertian dan pemahaman dari setiap hal yang dilakukannya. Tanpa pengertian dan pemahaman, maka hal-hal yang dilakukan pun akan sia-sia atau tidak ada artinya sama sekali.

            Ketiga, Credible. Seseorang perlu memiliki karakter yang baik, ,tepay, dan benar. Karakter yang disebutkan ialah dapat dipercaya, di mana orang tersebut dapat disebut berintegritas atau memiliki integritas. Dan karakter ini menjadi penentu dalam pencapaian keberhasilan secara berkesinambungan.

            Keempat, Competence. Diperlukan keahlian, kemampuan, dan kompetensi dalam mencapai, memperoleh, dan mendapatkan keberhasilan. Kompetensi akan menolong dan memampukan seseorang untuk dapat mencapainya dengan baik. Bahkan tidak menutup kemungkinan orang tersebut akan dapat dengan cepat memperoleh atau mendapatkan kesuksesan tersebut.

            Kelima, Endurance. Seseorang harus memiliki kesabaran atau ketahanan dalam melakukan, mengerjakan, dan menyelesaikan setiap hal yang diperhadapkan padanya, termasuk tugas dan tanggung jawab yang ada. Mereka yang mudah menyerah tidak akan dapat memperoleh kesuksesan secara maksimal, sebab kesuksesan sudah sangat dekat dengan usaha seseorang yang akan menyerah. Sehingga, saat seseorang menyerah, kesuksesan pun segera menjauh darinya.

            Keenam, Science. Seseorang harus berwawasan atau berpengetahuan. Wawasan atau pengetahuan ini dapat diperoleh melalui pembelajaran, baik itu pembelajaran secara formal dan informal. Wawasan dapat menolong seseorang untuk bertindak atau berbuat dengan bijak dalam mencapai kesuksesan itu sendiri.

            Dan yang ketujuh, Surrender to God. Di atas semua yang dilakukan oleh seseorang perlu penyerahan secara penuh atau total kepada Allah. Penyerahan kepada Allah berarti seseorang mengikutsertakan dan melibatkan Allah dalam perjalanan hidupnya. Sikap ini membawa seseorang pada kesadaran kalau dirinya sangat membutuhkan Allah. Tanpa Allah seseorang bukan siapa-siapa, dan tidak dapat berbuat apa-apa.

 KESIMPULAN

            Kesuksesan merupakan hal yang unik, langka, dan sulit tercapai atau terjadi dalam hidup sebahagian besar orang di era modern ini. Tetapi bukan berarti kalau semua orang tidak memiliki peluang atau kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan. Semua orang punya peluang yang sama untuk sukses. Keunikan, kelangkaan, dan kesulitan dari tercapainya sukses tersebut dapat dihadapi, diatasi, dan diselesaikan dengan teori “Success Maxwell”. Spesifik, pengertian atau pemahaman, dapat dipercaya atau karakter, kemampuan atau kompetensi, ketahanan, wawasan, dan penyerahan kepada Allah.

Oleh : Gerry CS, S.Th

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 

Waktu Sekarang

Ulti Clocks content

Kalendar

October 2017
MTWTFSS
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Anda pengunjung ke

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini1413
mod_vvisit_counterKemarin5046
mod_vvisit_counterMinggu Ini17369
mod_vvisit_counterBulan Ini61839
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung2239799